Ternyata Karena Hal Ini Septic Tank Jadi Cepat Full

Salah satu konstruksi di rumah yang terkadang sering diabaikan adalah septic tank. Mungkin karena fungsinya yang dianggap hanya sebagai tempat penampungan limbah dari toilet, sehingga lepas dari perhatian penghuni rumah. Padahal, ketika dalam pembangunannya mengalami kesalahan, akan berdampak pada lingkungan sekitar yang bisa saja tercemar dan bahkan menyebarkan aroma tidak enak ke berbagai tempat. Apalagi jika sumur WC tersebut cepat sekali penuh, kemudian berakibat pada toilet yang tidak bisa digunakan.

Namun, mengapa kejadian seperti sumur WC cepat penuh ini sering terjadi? Melansir dari https://www.septictankmodern.com/septic-tank-bio/ Hal tersebut karena disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini.

Lokasi Pembangungan yang Tidak Sesuai

Lokasi Pembangungan yang Tidak Sesuai

Ketika membangun bakpenampungan, banyak yang sering asal. Misalnya seperti membangun di lokasi yang debit airnya tinggi. Hal ini tentu membuat kerja tanah untuk menyerap limbah menjadi kurang, akhirnya di dalam sumur WC malah penuh dengan rembesan air tanah, bukannya menyusut. Ketika musim kemarau mungkin efeknya belum terlalu terlihat, tapi ketika musim penghujan tiba, debit air semakin naik, akhirnya limbah dalam tangki akan naik dan memenuhi tempat penampungan. Akan lebih buruk jika limbahnya sampai meluber, bahkan menyumbat toilet di kamar mandi.

Sistem yang Seharusnya Bekerja Mengalami Masalah

Sistem yang Seharusnya Bekerja Mengalami Masalah

Sistem yang bekerja pada sumur WC biasanya didukung oleh kerja dua sumur penampungan limbah, daya serap tanah, dan paralon yang menghubungkan semua kegiatan dari masing-masing tempat. Ketika limbah dari toilet memasuki sumur penampungan, maka idealnya tanah yang berada di bawah akan menyerap air dari limbah, kemudian yang tersisah hanya kotoran padat. Namun, ketika fungsi penyerapan dari tanah berkurang. Tentu saja limbah cair tadi tetap ada di sana dan lama kelamaan akan memenuhi ruang dalam septic tank.

Bisa juga disebabkan oleh fungsi paralon yang tidak bekerja dengan semestinya.Paralon yang seharusnya mengalirkan limbah cair ke parit atau tempat pembuangan di luar sumur, mengalami penyumbatan karena hal-hal tertentu. Kemudian air yang menetap di dalam sumur akan naik terus-menerus, akhirnya sumur WC tersebut cepat penuh.

Tidak Adanya Bakteri Pengurai

Tidak Adanya Bakteri Pengurai

Perlu Anda sadari bahwa memasukkan air deterjen maupun obat pembersih porselain ke dalam kloset akan mengakibatkan kematian pada bakteri yang hidup di dalam tangki penampungan kotoran. Peran bakteri pengurai ini sangatlah penting, karena dapat mengolah limbah sehingga tidak mencemari lingkungan dan dapat lebih mudah diserap oleh tanah di bawahnya. Kotoran yang tidak terurai, pastinya akan menumpuk dan berakibat pada mampetnya septic tank Anda.

Adanya Sampah yang Tidak Mudah Terurai

Adanya Sampah yang Tidak Mudah Terurai

Inilah mengapa sering ada larangan supaya tidak membuang pembalut, plastik maupun benda-benda tertentu ke dalam kloset, karena akibatnya ada pada sumur WC yang menjadi penuh. Bahkan bisa menyebabkan kemampetan saluran. Hal seperti ini tentunya sangat mengganggu dan membuat Anda jadi mengeluarkan dana lebih banyak untuk perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *